Friday, November 9, 2012

MANUSIA DAN PENDERITAAN



Manusia dan Penderitaan (ilmu budaya dasar ke 5)

Banyak yang harus kita lakukan didunia ini selain mencari kesenangan duniawi, banyak sesuatu yang harus kita kerjakan selain pekerjaan yang akan menyibukkan diri kita dikehidupan ini, banyak kejahatan yang lakukan  kita  tanpa kita ketahui perbuatannya ternyata dapat merugikan kita sendiri dan orang lain. Sadarkah kamu apa yang sebenarnya kita lakukan apakah itu perbuatan baik atau tidak?  Merugi atau menguntungkan? Pantas atau tidak pantas?  Itulah manusia, selalu tidak sadar dengan tindakannya sendiri.

Penderitaan sebenarnya timbal balik dengan apa yang pernah kita lakukan, entah itu sadar atau tidak kita sadari. Seperti hukum sebab akibat. Namun,  Allah juga tidak tidak sedikit memberikan ujian kepada umatnya dengan memberikan sebuah masalah yang datang dikehidupannya, atau manusia diberi posisi dimana ia merasa kesulitan dengan masalah yang ia hadapi. Namun jika kita memandang sebuah cobaan itu dengan positif dan menerawang apakah sebelum masalah itu muncul kita melakukan kesalahan sehingga masalah itu muncul tanpa kita sadari banyak sekali hikmah dibalik penderitaan yang kita rasakan.

Penderitaan tak selalu boomerang bagi kita tetapi menjadi sebuah pelajaran yang sangat berguna bagi kita, karena kenapa? Kita sebagai manusia tidak ingin terperosok dimasalah yang sama, bercermin dari kesalahan sebelumnya jangan sampai kita melakukan kesalahan yang sama sehingga menimbulkan penderitaan kedua kalinya.

Ada pelangi dibalik awan hitam, ada kabaikan dibalik setiap keburukan, ada hikmah disetiap masalah dan penderitaan  

No comments:

Post a Comment