Friday, November 9, 2012

MANUSIA DAN KEADILAN



MANUSIA DAN KEADILAN (ilmu budaya dasar ke 6)

Berbicara mengenai kata adil rasanya kita hidup dinegara yang jauh sekali dari sebuah KE-A-DI-LAN. Apalagi bagi para petinggi negara yang menyalahgunaan keadilan untuk kepentingan pribadi, siapa yang menderita? Rakyat kecil.  ya seperti istilah lagu, yang kaya makin kaya yang miskin makin miskin.

Gerah rasanya kita hidup di negara yang setiap orang hanya mementingkan egonya sendiri, tidak menengok pada situasi sekitar,  padahal banyak sekali orang yang kesusahan, jauh dibandingankan orang yang mementikan egonya sendiri yang selalu mendapat kesenangan.  Apalagi kesenangan yang ia dapat adalah kesenangan yang seharusnya milik rakyat kecil, memakan yang bukan haknya untuk kepentingan pribadi.

Contoh keadilan yang tidak berlaku dinegara ini adalah kasus anak umur 13 tahun maling sandal yang dikenakan sanksi  5 tahun penjara karena dinyatakan bersalah sedangkan petinggi negara yang korupsi uang rakyat mencapai triliunan rupiah hanya dikenakan sanksi 2 tahun penjara dan penjaranya pun dibilang tidak biasa atau bisa kita sebut penjara vvip. Dari contoh diatas bukan kah itu sebuah tindakan ketidakadilan ?  ketidakadilan yang mengkayakan orang yang sudah kaya dan memiskinkan orang yang sudah susah.

Keadilan hanya milik orang ber-UANG, ketidakadilan selalu dirasakan orang tidak ber-UANG

No comments:

Post a Comment