Thursday, October 4, 2012

Manusia dan Budaya

Manusia dan Kebudayaan

Dalam ilmu sosiologi Manusia dan Kebudayaan dinilai sebagai sebuah keterkaitan, ,maksudnya walaupun keduanya berbeda namun keduanya memiliki satu kesatuan yang sangat berkesinambungan. kehidupan Manusia dengan Kebudayaan. Budaya mempunyai peranan penting dalam membentuk pola berpikir dan pola pergaulan dalam masyarakat, yang berarti juga membentuk kepribadian dan pola piker masyarakat tertentu. Budaya mencakup perbuatan atau aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh suatu individu maupun masyarakat, pola berpikir mereka, kepercayaan, dan ideology yang mereka anut.

Pengertian Kebudayaan
Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. misal dapat kita berikan contoh dalam kehidupan sehari hari, saat manusia membuat sebuah peraturan maka manusia itu akan mengikuti dan menjalani peraturan tersebut, karna seringnya pearaturan itu dilakukan maka manusia itu akan terbiasa dengan peraturan itu dan bahkan sudah menjadi kebiasaan apa yang akan dia lakukan, hal ini dapat kita simpulkan bahwa peraturan yang sering kita lakukan karna terbiasa itu akan menjadi sebuah kebudayaan bagi manusia itu sendiri, dan akan terus menurus ia lakukan

Manusia Sebagai Pencipta dan Pengguna Kebudayaan
Manusia di ciptakan oleh tuhan dengan dibekali dan dianugerahi oleh akal pikiran sehingga mampu untuk berkarya di muka bumi ini dan secara hakikatnya menjadi khalifah di muka bumi ini. Disamping itu manusia juga memiliki akal, intelegensia, intuisi, perasaan, emosi, kemauan, fantasi dan perilaku. Dengan semua kemampuan yang dimiliki oleh manusia maka manusia bisa menciptakan kebudayaan. Ada hubungan dialektika antara manusia dan kebudayaan. Kebudayaan adalah produk manusia, namun manusia itu sendiri adalah produk kebudayaan. Dengan kata lain, kebudayaan ada karena manusia yang menciptakannya dan manusia dapat hidup ditengah kebudayaan yang diciptakannya. Budaya tercipta atau terwujud merupakan hasil dari interaksi antara manusia dengan segala isi yang ada di alam raya ini.

 
sumber:
http://abdirachmadi.blogspot.com/2012/03/hubungan-antara-manusia-dan-kebudayaan.html
http://ruangchandra.blogspot.com/2011/03/makalah-hubungan-antara-budaya-dan.html

No comments:

Post a Comment