Thursday, October 11, 2012

KONSEPSI ILMU BUDAYA DALAM KESUSASTRAAN (ilmu budaya dasar ke 2)

Konsepsi Ilmu Budaya dalam Kesusastraan

Sastra dalam arti khusus yang kita gunakan dalam konteks kebudayaan, adalah ekspresi gagasan dan perasaan manusia, jadi pengertian sastra sebagai hasil budaya dapat diartikan sebagai bentuk upaya manusia untuk mengungkapkan gagasannya melalui bahasa yang lahir dari perasaan dan pemikirannya. nilai-nilai budaya pun memuat konsep-konsep tentang segala sesuatu yang dipandang baik dan berharga di dalam kehidupan. Nilai budaya ini sifatnya khusus, sebab dibatasi oleh suku bangsa dan bangsa. Artinya, sesuatu yang dianggap baik oleh suatu kelompok masyarakat atau suku bangsa tertentu belum tentu dipandang baik oleh yang lain.

Bahasa mempunyai kemampuan untuk menampung hampir semua pernyataan kegiatan manusia. baik dalam kegiatan formal atau non formal, bahasa yang kita gunakan di Indonesia begitu beragam, itulah yang dinamakan budaya, budaya dalam berbahasa. manusia mempergunakan bahasa. Dalam usahanya untuk memahami alam semesta, yang kemudian melahirkan ilmu pengetahuan, manusia mempergunakan bahasa. Dalam usahanya untuk mengatur hubungan antara sesamanya yang kemudian melahirkan ilmu-ilmu sosial, manusia mempergunakan bahasa. Dengan demikian, manusia dan bahasa pada haketnya adalah satu. Kenyataan inilah mempermudah sastra untuk berkomunikasi.

Sastra sebagaimana yang disebutkan Horace berfungsi sebagai dulce et utile, yaitu sebagai penghibur sekaligus berguna (Renne Wellek, dkk 1995). Dari pengertian ini dapat dipahami bahwa peranan sastra bukan sekedar menghibur tetapi juga mengajarkan sesuatu yang berguna. Karena perenannya yang menghibur sekaligus berguna inilah maka sastra dianggap sebagai media yang paling efektif dalam merubah pikiran masyarakat.Sastra terus dibutuhkan, dan sastra terus diciptakan. Subur tidaknya penciptaan satu jenis karya sastra, menunjukkan tingkat kebutuhan masyarakat pendukungnya


refrensi :  http://literaturecriticismnet.blogspot.com/2009/05/fungsi-karya-sastra-dalam-pembangunan.html
            :  http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/03/konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dalam-kesusastraan-4/

No comments:

Post a Comment